Friday 1 December 2017

Mengenal Lebih Dekat Old Trafford, Rumah Bagi Manchester United

Hy Guys, ketemu lagi di Artikel Gomu Gomu Ku, kali ini kita akan ngebahas Profil dan Sejarah Old Trafford Stadium. Bagi kamu para pecinta sepakbola terutama para fans Manchester United pasti gak asing lagi dengan stadion yang satu ini.


Old Trafford terletak di kota Manchester, Inggris dan merupakan markas dari pemiliki 20 gelar liga Inggris, Manchester United. Stadion ini memiliki kapasitas 75.635 kursi penonton yang sekaligus menjadikannya sebagai sation terbesar kedua di Inggris dan kesebelas di Eropa.


Pada awalnya Old Trafford dirancang oleh arsitek asal Skotlandia bernama Archibald Leitch dengan kapasitas 100.000 kursi penonton. Pembangunan Old Trafford memakan biaya hingga 60.000 pounds,namun pada akhirnya dengan besarnya kapasitas yang ingin dicapai, biaya pembangunan membengkak hingga hampir 100.000 pounds kala itu.


Diawal pembangunannya Old Trafford mengalami berbagai kesulitan, seperti saat membangun salah satu tribun yang berdekatan dengan stasiun kereta api yang merupakan milik dari Chesire Lines Commitee (CLC). Karena letaknya yang berdekatan dan lahan yang terbatas, Archibald Leitch mememinta izin kepada CLC guna memumuluskan rencana pemabangunan. Namun CLC menolak dengan alasan bahwa mereka akan membangun stasiun lain di lahan yang sama.

Pada tahun 1909 pengembangan Old Trafford diselesaikan, dan pertandingan pertama terjadi pada Februari 1910 saat Liverpool bertandang ke Old Trafford. Stadion ini juga menorehkan sejarah tersendiri, bukan hanya bagi fans Mancheter United, tapi juga seluruh pecinta sepakbola di tanah Inggris. Old Trafford menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Final Piala FA sebelum Wembley dibangun pada tahun 1923. Final Piala FA pertama terjadi pada tahun 1911 antara Newcastle United vs Bradford City dan final kedua terjadi pada tahun 1915 antara Chelsea vs Sheffield United


Pada tahun 1940 Old Trafford mengalami kerusakan akibat serangan bom Jerman, yang nantinya akan digunakan dalam laga Boxing Day melawan Stockport County. Akibatnya club harus mengungsi ke stadion lawan hingga satu tahun berselang sepakbola kembali dimainkan di Old Trafford. Namun pada 11 Maret 1941 serangan bom Jerman kembali merusak Old Trafford terutama Tribun Utama. Setelah perbaikan ulang yang menekan banyak biaya dan memaksa pemilik berhutang kepada sejumlah pihak akhirnya Old Trafford kembali memainkan pertandingan pada tahun 1949.

Pada tahun 1951 Tribun Utama (kini Tribun Selatan) diberikan atap yang kemudian diikuti oleh pembagunan atap pada tribun lainnya termasuk Tribun barat pada tahun 1959. Pada tahun 1966 Old Traffor menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia FIFA, dan hal ini menuntut perbaikan diberbagai sisi bangunan Old Trafford seperti pembangunan lampu sorot, rancangan ulang tribun United Road, penggantian pilar atap disetiap tribun, dan penambahan terasering di depan tribun. Pada tahun 1975 pengembangan terhadap stadion Old Trafford kembali dilakukan, seperti penambahan Suite Eksekutif di stand utama, penggantian atap tribun utama degan desain kantiveler, dan memperpanjang Suite Esekutif dan atap kantiveler di tiga sisi tribun.


Pada tahun 1995 Old Trafford mengalami pengembangan lebih lanjut setelah sebelumnya mengalami penurunan kapasitas hingga 44.000 kuri penonton pada tahun 1992. Dimulai dengan penghancuran tribun utara yang sudah berumur 30 tahun yang akan dibangun kembali. Pada akhir pembangunan di tahun 1996 total kapasitas Old Trafford meningkat hingga menyentuh angkat 55.000 kursi penonton. Kemudian diikuti dengan penambahan lapisan kedua Tribun Timur yang resmi dibuka pada Juni 2000 yang meningkatkan kapasitas stadion menjadi 61.000 kursi penonton hingga penambahan lapisan kedua Tribun Barat yang juga menambah kapasitas stadion menjadi 68.217 kursi penonton.

Pada tahun 2006 Old Trafford malakukan ekspansi dengan penambahan 8.000 kursi penonton, dan pada tahun 2009 pemilik menata ulang kursi penonton sehinggan mengurangi 255 kursi menjadi 75.957 kursi penonton.


Rekor kehadiran penonton di Old Trafford terjadi dalam pertandingan Liga Inggris antara Manchester United vs Blackburn Rovers pada tahun 2007 lalu dengan total 76.098 penonton. Sementara untuk  rekor pertandingan non-kompetisi terjadi dalam laga Manchester United vs New York Cosmos pada Agustus 2011.

Hingga saat ini Old Trafford telah menjadi tuan rumah berbagai kompetisi sepakbola, mulai dari Liga Inggris, Piala FA, Liga Divisi Kedua, Piala Liga, Piala Dunia FIFA 1966, Piala Eropa 1996, Olimpiade 2012, Piala Interkontinental 1968, dan tentunya sejumlah kompetisi Eropa yang diikuti Manchester United termasuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Final Liga Champions 2003.

Old Trafford menjadi symbol kebanggan Manchester United dan mendapat julukan “The Theatre of Dream” dari legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton. Bersama Old Trafford, Manchester United telah memenangkan 20 gelar Liga Inggris yang sekaligus menjadikan Old Trafford sebagai stadion angker di tanah Inggris.

Wahhh… benar-benar luar biasa stadion yang satu ini ya guys, bukan hanya stadionnya saja yang besar tapi sejarah dan prestasinya juga luar biasa besar. Jadi pingin main-main ke Old Trafford nih…wkwkwkwkwk…
Ok deh guys, sampai disini dulu Artikel keren dari Gomu Gomu Ku kali ini, jangan lupa dishare ya.
Tetap nantikan Artikel keren dari Gomu Gomu Ku lainnya…
Salam…

0 komentar:

Post a Comment