Friday 1 December 2017

Mengenal Lebih Dekat Anfield, Rumah Bagi Liverpool

Hello guys, ketemu lagi dalam Artikel Gomu Gomu Ku yang kali ini akan ngebahas salah satu stadion ternama sekaligus terangker di tanah Inggris, Anfield. Anfield merupakan stadion yang terletak di kota Liverpool, Inggris, dan berjarak 4,8 km dari pusat kota Liverpool. Stadion ini merupakan markas kebanggaan pemilik 18 gelar Liga Inggris, Liverpool.



Sejarah panjang berdirinya Anfield dimulai pada tahun 1884, dimana Anfield untuk pertama kalinya dibuka untuk umum dan Everton yang merupakan rival Liverpool menjadi klub pertama yang menggunakan Anfield. Namun kebersamaan Everton dan Anfield hanya bertahan selama 8 tahun saja karena besarnya biaya sewa yang dipatok pihak Anfield, Houlding. Tahun 1892 Everton resmi keluar dari Anfield dan telah mengukirkan sejarah manis dengan menjadi juara liga pada musism 1890/1891.

Dengan kekosongan yang terjadi di Anfield karena tidak adanya klub yang ingin menyewa Anfield, Houlding memutuskan mendirikan sebuah klub sepakbola yang diberi nama Liverpool FC. Liverpool FC memainkan laga pertamanya dalam sebuah pertandingan uji coba melawan Rotherdam Town pada 1 september 1892 yang dihadiri oleh 200 penonton.


Pada tahun 1892 tiribun Main Stand selesai dibangun, pada tribun ini terdapat ruang ganti pemain, ruang pers, ruang VIP, dan ruang direktur. Tribun Centenary Stand yang memiliki 2 tingkat ditambah hingga menjadi 3 tingkat pada tahun 1992 untuk memperingati 100 tahun berdirinya Liverpool, awalnya tribun ini bernama Kemlyn Road Stand.

Kemudian tribun The Anfield Road Stand yang merupakan tempat para supporter tim tamu. Stand ini berada disisi kiri Main Stand. Pada tahun 1965 tribun ini direnovasi hingga pada tahun 1998 tribun ini ditambah hingga menjadi 2 tingkat.

Terakhir, yang merupakan tribun lengendaris Liverpool, tribun The Kop. Tribun ini diberi nama The Kop untuk mengenang pasukan Inggris yang tewas dalam perang Boer. Tribun ini dibangun pada tahun 1906 tepat 3 tahun setelah dibangunnya The Anfield Road Stand.


Didalam Anfield terdapat beberapa monument berharga bagi klub, sebut saja Shankly Gates yang rupakan gerbang utama untuk masuk ke Anfield. Gerbang ini dibangun pada tahun 1982 untuk mengenang pelatih yang dianggap berjasa bagi Liverpool, Bill Shankly. Kemudian ada Paisley Gates yang merupakan gerbang kedua untuk masuk ke Anfield yang didirikan untuk mengenang pelatih yang berjasa membawa nama Liverpool di kancah Eropa, Bob Paisley. Dibeberapa sisi bangunan Anfield terutama dibagian lorong terdapat tulisan “This is Anfield” yang ditujukan untuk mengintimidasi lawan.

Bersama Anfield, Liverpool telah menorehkan sejarah manis dan sejumlah rekor yang terkenang hingga saat ini. Sebut saja beberapa rekor tak terkalahkan Liverpool di Anfield yang terjadi pada tahun 1893/1894, 1970/1971, 1976/1977, 1978/1979, 1979/1980, 1987/1988, dan 2008/2009.
Hingga saat ini rekor jumlah penontot di Anfield tercatat sebanyak 61.905 yang terjadi dalam pertandingan Liverpool vs Wolves pada tahun 1852 dalam kompetisi FA Cup. Untuk rekor pernonton dalam pertandingan Liga Inggris tercatat terjadi kala Liverpool menjamu Chelsea dengan jumlah penonton sebanyak 58.757 orang. Sementara rekor jumlah penonton untuk kompetisi Eropa terjadi kala Barcelona bertandang ke Anfield dengan jumlah penonton mencapai  55.104 orang.


Hingga saat ini Anfield total memiliki kapasitas sekitar 45.276 serta menjadi salah satu stadion paling angker di tanah Inggris yang membuat setiap lawan gemetar saat bertandang ke stadion ini. Siapa penggemar Liverpool ??? Kalau benar fans Liverpool, wajib nih berkunjung ke Anfield Stadium guna menyaksikan pertandingan tim kebesaran kamu…

Ok guys, sampai disini dulu Artikel Gomu Gomu Ku kali ini, jangan lupa dishare ya.
Tetap nantikan Artikel menarik dari Gomu Gomu Ku selanjutnya…
Sampai ketemu lagi.. Salam..

0 komentar:

Post a Comment