Friday 24 November 2017

Gitar - Cara Memilih Gitar Elektrik

Musik bersifat universal dan tersedia dalam berbagai variasi yang mendalam, setiap orang menyukai dan tidak menyukai jenis musik tertentu. Saat kamu memutuskan untuk belajar musik, pilihannya sama personalnya dengan selera pakaian kamu. Ada berbagai instrumen yang bisa dipilih. Selanjutnya, ada berbagai kategori dalam instrumen yang sama untuk dipilih juga. Bagi yang gemar gitar, berikut ini adalah panduan tentang "Cara Memilih Gitar Elektrik."

Bagi pemula tampilan tiap gitar sangat mirip. Secara umum, gitar menarik, tapi untuk pelajar musik dan pakar musik, bentuk, ukuran, nuansa dan nuansa setiap gitar adalah penggambaran jenis musik yang bisa diproduksi oleh instrumen tertentu.


Untuk pemula: Sebagian besar gitar elektrik dapat diklasifikasikan dalam tiga kategori utama.

1. Klasik: Instrumen klasik memiliki senar nilon dan merupakan pilihan terbaik untuk pemula. Instrumen ini menghasilkan nada dengan nuansa klasik, Bossa Nova dan Jazz, dll. Yngwie Malmsteen menggunakan gitar listrik Fender yang klasik dan memiliki senar nilon 2000 dan baterai kuningan sembilan volt berat.

2. Akustik: Instrumen akustik memiliki senar baja dan digunakan untuk menghasilkan musik Acoustic Rock, Bluegrass, Jazz, Country, Blues dan Folk, dll. John Doyle, musisi hebat dari AS adalah penggemar gitar akustik. Beberapa instrumen akustik yang hebat dikategorikan sebagai gitar listrik Fender. Musisi Alvino Rey menggunakan alat musik ini di depan penonton dalam rangkaian orkestra yang besar dan kemudian dia membuat gitar baja pedal pertama untuk gitar listrik Gibson.

3. Bass: Ini adalah pilihan gitaris profesional karena menghasilkan musik Blues, Country, Jazz, Heavy Metal dan Rock. Jika kamu membayangkan diri kamu sebagai Bryan Adams, pilihannya adalah gitar bass. Musisi sekelas Jimmy Page menggunakan instrumen leher ganda yang dibuat khusus oleh gitar listrik Gibson untuk memainkan lagu "Stairway to Heaven" dan dia merekam lagu klasik menggunakan gitar listrik Fender dengan dua belas senar.

Dari berbagai faktor yang perlu kita pertimbangkan saat membeli gitar, salah satu faktor penting adalah jenis suara yang dihasilkannya dan yang ingin kita kuasai.

Bagi para pemula maupun musisi profesional, detil lain yang harus kita pertimbangkan meliputi "tipe tubuh" gitar yang biasanya terbuat dari papan tulis. Beberapa tipe memiliki kualitas yang benar-benar indah yang terbuat dari papan keras seperti rosemary, maple, ash, alder dan / atau mahoni. Setiap papan keras memiliki butiran, warna dan kerapatan yang sangat unik. Dengan demikian masing-masing memberikan jenis tampilan yang berbeda ke gitar dan setiap jenis papan keras juga menciptakan jenis nada yang unik.

Jenis tubuh gitar: Ini bisa dikelompokkan menjadi empat tipe utama.

1. Solid Body Type: Ini adalah tipe standar dari bodi gitar. Seperti namanya, bodi padatnya benar-benar kokoh (terisi) kecuali ruang yang ditempati rongga yang memegang mekanisme elektronik gitar secara bersamaan.

2. Chambered Body Type: Badan bilik gitar memiliki beberapa bagian berbeda yang dirancang untuk mengurangi beratnya sambil menambah keberlanjutan dan resonansinya.

3. Semi-Hollow Body Type: Tubuh Semi-Hollow adalah campuran hibrida dari tubuh berongga dan bodi padat dimana kedua sisi bodi gitar berongga namun bagian tengahnya terbuat dari papan padat.

4. Hollow Body Type: Seperti namanya, jenis tubuh gitar ini benar-benar hampa dan ini membantu musisi akustik membuat efek suara lebih baik.

Leher: Aspek berikutnya yang patut dipertimbangkan adalah "Leher" gitar. Bagian leher gitar juga terbuat dari papan keras. Bahan yang digunakan sepert mahoni, rosewood, maple atau basswood. Panjang leher menentukan jarak antara fret.

Sementara beberapa model standar gitar elektrik Fender serta gitar listrik Gibson dapat ditemukan di 22 fret, mayoritas artis lebih memilih leher 24 fret yang menghasilkan register lebih tinggi. Biasanya gitar listrik Fender berukuran 25,5 inci skala, sementara gitar listrik Gibson menggunakan 24,75 inci sebagai skala panjangnya. Sebagian besar merek lain seperti Paul Reed Smith lebih memilih desain 25 inci sebagai skala panjang.

Satu lagi aspek leher gitar yang patut dipertimbangkan adalah cara leher terhubung ke bodi gitar.

1. Set in Neck: Leher dan badan gitar dibuat terpisah dan potongan leher diatur ke dalam tubuh dengan menggunakan lem yang bagus sehingga terlihat sebagai potongan papan keras. Dudukan set-in memberikan keseimbangan yang bagus dan resonansi yang bagus pada gitar.

2. Bolt-On Neck: Disini attachment leher terlihat seperti dilekatkan pada bodi yang menggunakan baut dan ini memberikan keleluasaan menyesuaikan leher untuk kenyamanan musisi.

3. Neck-Through-Body: Gitar tubuh semi-berongga dan padat dibuat dengan leher melalui bodi karena merupakan papan keras single piece yang digunakan untuk membuat seluruh potongan pusat dari bagian atas leher ke arah. bagian bawah tubuh Pembuatan ini memiliki jumlah keberlanjutan terbaik.

Pertimbangkan hal berikut juga saat membeli gitar:

String: Mulai dari empat senar sampai 20 senar, dari nilon hingga steel, pilihannya beragam. Meskipun pemula disarankan untuk mengambil gitar klasik dengan senar nilon, musisi profesional memiliki gaya dan preferensi mereka sendiri sesuai dengan jenis musik yang ingin mereka hasilkan.

Pick-up: Mereka terbiasa mengatur nada dengan benar dan biasanya ada dua pick up pada gitar. Pick-up koil tunggal memiliki suara yang benar-benar menyenangkan tapi "hum bucker" jenis pick-up lebih disukai oleh gitaris yang bermain di konser musik.

Switch Kontrol: Peralihan adalah satu lagi fitur yang harus dicari dalam sebuah gitar karena memberi kita kontrol atas volume dan juga nada yang akan disetel untuk setiap pick-up. Anda bisa memadukan atau memisahkan pick-up melalui tombol kontrol.
Bridges: Bridges membiarkan pemain menyesuaikan tinggi dan panjang senar. Ada tiga jenis bridges - standar, string-through, dan bridges dengan gabungan tailpiece yang menawarkan cara unik untuk menyesuaikan string.

Terlepas dari jenis gitar listrik beberapa poin lagi untuk direnungkan adalah:

Tempat pertunjukan: Jika kita akan tampil di rumah atau di akademi pembelajaran kita, kita bisa dengan aman mengikuti gitar listrik Fender standar atau gitar listrik Gibson standar. Saat tampil di depan audiens dengan bantuan mikrofon, gitar listrik Fender akustik atau gitar listrik Gibson akustik adalah pilihan terbaik.


0 komentar:

Post a Comment