Monday 30 October 2017

Pengertian dan Cara Penularan HIV/AIDS

1.    Jelaskan pengertian HIV !
Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus golongan RNA yang spesifik menyerang system kekebaan tubuh atau imunitas manusia yang kemudian akan menyebabkan Aquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Infeksi HIV berjalan sangat progresif merusak system kekebalan tubuh, sehingga penderita tidak dapat menahan serangan infeksi yang disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri, ataupun virus.
Seorang yang terinfeksi HIV akan berkembang menjadi AIDS setelah beberapa periode waktu tertentu, mulai dari beberapa bulan sampai dengan 15 tahun.
Baca Juga :

2.    Jelaskan pengertian AIDS !
Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV;[1] atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

3.    Jelaskan perbedaan HIV dan AIDS !
Seorang yang terinfeksi HIV dapat tetap sehat selama bertahun-tahun tanpa ada tanda fisik atau gejala infeksi.Seorang yang terinfeksi virus tersebut tetapi tanpa gejala adalah HIV-positif atau mempunyai peenyakit HIV tanpa gejala.Apabila gejala mulai muncul, orang disebut mempunyai infeksi HIV bergeljala atau penyakit HIV lanjutan. Pada stadium ini seseorang kemungkinan besar akan besar akan mengembangkan infeksi opurtunistik. AIDS didefinisi sebagai jumlah sel CD4 dibawah 200 sel dan atau terjadinya satu atau lebih infeksi opurtunistik tertentu.
Perbedaan HIV dan AIDS
HIV
·    Membunuh sel darah putih dan cd4 yang melemahkan sistem kekebalan tubuh
·    Daya tahan tubuhnya lemah sehingga rentan akan infeksi kanker
·    Virus HIV masih dapat dikontrol dengan penggunaan antivirus
AIDS
·    Biasanya jumlah kandungan cd4 dibawah 200
·    Penderita AIDS terkena banyak infeksi penyakit macam kanker, TB dan sebagainya
·    Penyakit AIDS efek lanjutan dari terserang HIV setelah 2-15 tahun

4.    Jelaskan cara penularan HIV dan AIDS !
Cara Penularan HIVPada Tubuh Manusia
1.    Melalui Darah
Melaului transfusi darah yang sudah terkena virus hiv,pemakaian jarum suntik yang tidak steril dan juga jarum suntik yang dipakai secara bergantian contohnya yaitu jarum suntik yang digunakan oleh para pecandu narkotik.
2.    Melalui Hubungan Seks Bebas
Seks bebas juga merupakan penyebab utama penyebaran virus HIV. Apalagi hubungan yang melalui dubur atau anal paling beresiko tertular hiv.
3.    ASI
Jika ibu hamil mengidap HIV positif kemudian melahirkan janinnya. Lantas menyusui bayinya dengan air susu ibu. Dan menurut riset dari 10 ibu hamil divonis terkena HIV kemungkinan ada 3 bayi yang tertular.
Penyakit AIDS Tidak Ditularkan Melalui:
– Pemakaian alat makan atau makan bersama
– Keringat dan gigitan nyamuk
– Menguunakan fasilitas umum bersama
– berpelukan,bersenggolan ataupun berciuman

0 komentar:

Post a Comment